Rabu, 28 November 2012


       Tim ahli astronomi Inggris dan Jerman menemukan planet baru yang mengorbit di dekat Matahari dalam jarak yang tepat bagi iklim seperti di Bumi, yang dapat menunjang kehidupan.

Tim tersebut menemukan tiga planet baru yang mengorbit di bintang yang berjarak 44 tahun cahaya, tapi hanya satu dari planet itu berada di wilayah yang disebut Zona Goldilocks, rangkaian di sekitar Matahari dimana suhu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin bagi keberadaan air cair.

"Bintang HD 40307 adalah bintang kerdil tua yang sangat tenang, sehingga tak ada alasan mengapa planet semacam itu tak bisa berisi iklim seperti di Bumi," kata Guillem Angla-Escude dari University of Goettingen, Jerman, yang memimpin penelitian tersebut bersama Mikko Tuomi dari University of Hertfordshire di Inggris.

Planet itu memiliki massa sedikitnya tujuh kali massa Bumi, tapi mengorbit dalam jarak yang sama dari Mataharinya, yang berarti planet tersebut menerima jumlah energi Matahari seperti yang diperoleh Bumi.

Lebih dari 800 planet telah ditemukan di luar sistem Galaksi Bima Sakti sejak pertama kali dideteksi pada awal 1990-an. Namun hanya segelintir planet telah berada di wilayah yang bisa dihuni.

Dan yang lebih langka lagi planet yang berada di zona yang berotasi, seperti yang satu ini, untuk menciptakan waktu siang dan waktu malam, yang meningkatkan peluang terciptanya lingkungan yang hampir sama dengan Bumi.

Planet yang tidak berputar disebut terkunci pasang-surut, dan separuh bagiannya berada dalam kegelapan terus-menerus.

"Ini adalah planet yang paling mendekati Bumi dalam hal zona yang bisa dihuni...," kata ahli astronomi dari University of Hertfordshire, Hugh Jones, seperti dikutip Reuters.

"Planet ini berada di orbit yang bisa dibandingkan dengan yang ada di Bumi, sehingga meningkatkan kemungkinan planet tersebut bisa ditinggali," tambahnya.

Planet yang diberi nama HD 40307g itu merupakan bagian dari satu sistem yang sebelumnya diduga cuma memiliki tiga planet, semuanya berada pada orbit yang sangat dekat dengan bintang tersebut sehingga mendukung keberadaan air cair.

Para astronom yang menemukan planet itu mengungkapkan temuan mereka di jurnal Astronomy & Astrophysics berdasarkan kajian data spektrograf HARPS yang dipasang pada teleskop European Southern Obersevatory di La Silla, gurun Atacam di Chile.
Planet Baru Terdekat dengan Bumi Ditemukan

 New York: Sebuah planet baru ditemukan tidak jauh dari bumi. Penemuan planet dalam sistem bintang terdekat dengan bumi telah mengguncang dunia astronomi. Media Russia Today mewartakan, Kamis (18/10), planet baru itu hanya 4,3 tahun cahaya dari Bumi.

Ukuran planet yang dijuluki Alpha Centauri Bb itu mirip dengan bumi. Suhu permukaan diperkirakan mencapai 1.200 derajat Celsius. Orbit planet itu 25 kali lebih kecil daripada bumi, sehingga satu tahun di planet ini dilewati seperi 3,2 hari di Bumi.

"Ini adalah penemuan penting karena planet itu massa yang sangat rendah. Bahkan, itu adalah tetangga terdekat kita," kata tephane Udry dan Xavier Dumusque, peneliti dari Jenewa, Swiss.

Bintang Alpha Centauri B bahwa planet baru ditemukan redup dan lebih kuning dari matahari. Planet itu berada di sistem Alpha Centauri yang berisi tiga bintang. Penemuan planet itu juga telah memicu harapan untuk menyelidiki planet yang bisa dihuni manusia. (MEL)

                                  5 Calon Planet Baru Pengganti Bumi

Read more at http://uniqpost.com/44261/5-calon-planet-baru-pengganti-bumi/2/
Sampai saat ini memang belum ada bukti adanya kehidupan di planet lain. Bahkan belum ada planet yang dinilai menyerupai dan dapat menggantikan Bumi. Planet-planet lain dianggap belum mampu menyaingi fasilitas sumberdaya yang dihasilkan Bumi. Namun para Ilmuwan menyatakan, meski tak ada planet lain yang dapat dihuni, namun setidaknya ada beberapa planet yang dianggap paling cocok menggantikan untuk dihuni manusia. 1. Planet Gliese 5819
planet372 5 Calon Planet Baru Pengganti Bumi
 Planet ini disebut-sebut sebagai planet yang paling tepat untuk menggantikan Bumi serta menampung manusia. Ukuran planet ini 3 kali lebih besar dari pada Bumi dan memiki jarak 20 Tahun cahaya dari tata surya Kita. Planet ini juga diketahui mengitari bintang Gliese 581 tiap 30 hari sekali.

2. Planet Gliese 667Cc
SER Gliese667Cc No Stars 640x360 5 Calon Planet Baru Pengganti Bumi
 Ditemukan pada februari 2011 dan memiliki ukuran 4 kali lebih besar jika dibandingkan dengan Bumi. Planet Gliese 667Cc ini memilki jarak 22 tahun cahaya di konstelasi rasi bintang scorpion.

3. Planet Kepler 22-b
kepler22b 5 Calon Planet Baru Pengganti Bumi
Planet ini pertama kali ditemukan pada Desember 2011 dan memiliki ukuran 2 kali lebih besar dibanding Planet Bumi. Rata-rata suhu dari planet yang berjarak 600 tahun cahaya ini adalah 72 derajat Farenheit. Planet ini juga termasuk dalam planet luar atau Exoplanet.

Read more at http://uniqpost.com/44261/5-calon-planet-baru-pengganti-bumi/3/
4. Planet HD 85512
hd85512btop 640x360 5 Calon Planet Baru Pengganti Bumi
Sama dengan Kepler 22-b, planet ini juga ditemukan pertama kali pada Desember 2011. Terletak di konstelasi rasi bintang Vela, planet ini memilki suhu 77 derajat Farenheit. Planet ini memilki jarak 25 tahun cahaya dari planet Bumi Kita.

Read more at http://uniqpost.com/44261/5-calon-planet-baru-pengganti-bumi/4/
5. Planet Gliese 581d 

Tierra GL 581 d 5 Calon Planet Baru Pengganti Bumi
Planet ini juga di temukan pertama kali pada tahun 2001 dan memilki ukuran 7 kali lebih besar dibanding Bumi. Belum ada penelitian lebih lanjut dari planet ini, namu para Ilmuwan memperkirakan planet ini sangat dingin untuk manusia.

Read more at http://uniqpost.com/44261/5-calon-planet-baru-pengganti-bumi/5/

PLANET PLANET DALAM TATA SURYA

Betapa meruginya, orang-orang yang tidak mempercayai adanya TUHAN.
Dan merugi pula mereka yang menolak kebenaran Qur’an sebagai Firman TUHAN.
Mereka TIDAK menggunakan akalnya untuk mengenali tanda tanda yang NYATA.

السلام عليكم.لا إله إلاَّ الله.محمد رسو ل الله
الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

Segala puji hanya bagi Allah semata yang telah memberi kesempatan pada kita semua & juga atas Hidayah serta segala nikmat yang tidak akan pernah bisa kita hitung satu persatu.

Terimakasih kami ucapkan pada saudara saudari yg setia pada Rito Kurniawan Page
Kami tak dapat membalas apa-apa, hanya teriring doa agar semua dukungan saudara-saudari menjadi amal yang berat timbangannya di hari perhitungan kelak saat emas perak tidak berlaku lagi.

Angkasa luar, ruang hampa tak bertepi, yang rahasianya masih belum terungkap semua oleh ilmu pengetahuan. Tatanan sempurna berupa milyaran galaksi dan bintang, planet, komet, asteroid, serta awan gas dan debu, semuanya bergerak dalam keselarasan yang sempurna.

Dan mari kita amati tatanan Luas dari satu planet ke planet lainnya dari galaksi kita, galaksi bima sakti, gugusan bintang raksasa yang didalamnya terdapat tata surya kita. Dan langsung saja mari kita awali perjalanan kita dari planet yang terjauh dari matahari.
PLUTO , planet terjauh dari matahari, hanya bebatuan dan udara yang amat dingin. Suhu permukaannya mencapai minus 238⁰ Celcius. Akibat dingin yang sedemikian dinginnya, atmosfir planet kecil ini berubah menjadi bongkahan es, sebongkah es yang mati.

NEPTUNUS , satu lagi planet beku, dengan suhu permukaan minus 218⁰ Celcius. Atmosfirnya yang terdiri dari atas Hidrogen, Helium & Metana yang SANGAT BERACUN bagi kehidupan makhluk bumi. Kadungan Metana beracun yang tinggi, menjadikan atmosfirnya berwarna biru. Inilah dunia mematikan, yang dipenuhi dengan badai hebat berkecepatan 2000 Km/jam.

URANUS , planet mati, yang sebagian besarnya tersusun atas batu dan es. Perlu 80 tahun waktu bumi bagi Uranus untuk mengelilingi Matahari. Atmosfir Hidrogen, Helium dan Metana-nya sungguh mematikan bagi kehidupan.

SATURNUS , inilah planet terbesar ke dua dalam tata surya kita. Saturnus dikenal karena lingkaran cincin yang mengelilinginya. Cincin ini terdiri atas gas, bebatuan dan es. Planetnya sendiri secara keseluruhan tersusun atas gas, 75% hidrogen dan 25% helium. Kerapatannya lebih rendah dari air.

JUPITER , sebuah planet terbesar dalam tata surya kita. Yang juga sebuah planet gas, besarnya 318 kali dari bumi. Bintik merah besar ini ialah sebuah badai yang cukup untuk menelan 2 kali besar planet bumi kita. Ada daratan pada permukaannya, bersuhu dingin yang luar biasa, disertai badai dahsyat selama ratusan tahun. Disamping itu, terdapat medan magnet yang dapat membinasakan makhluk hidup apapun di bumi. Planet yang mengerikan dan menakutkan.

EO, BULAN JUPITER . EO diliputi oleh gunung, menjadi semacam generator listrik untuk selama bergerak mengelilingi Jupiter karena membangkitkan tegangan listrik sebesar 400.000 Volts diantara kedua kutubnya.

MARS , atmosfirnya adalah campuran beracun dengan kandungan Karbon Dioksida tinggi. Permukaannya penuh dengan kawah akibat tumbukan meteor dan ngarai besar sepanjang ratusan kilometer. Bola batu merah yang diliputi angin kencang dan badai pasir yang berlangsung berbulan-bulan.

VENUS , tidak dingin membeku seperti planet lainnya, Venus ialah pemanggang raksasa dengan suhu membakar. Suhu permukaannya cukup untuk melelehkan timbal, sekitar 450⁰ Celcius. Venus mempunyai atmosfir berat yang tersusun atas lapisan tebal CO2.

Tekanan atmosfir planet ini setara dengan tekanan 1 kilometer dibawah permukaan laut bumi. Atmosfirnya diliputi lapisan-lapisan asam sulfat sampai ketinggian ribuan kilometer, karena inilah planet ini selalu diguyur hujam asam mematikan. Tak ada makhluk bumi yang dapat hidup dengan atmosfir semacam itu.

MERKURIUS , planet terdekat ke matahari. Berputar pada sumbunya amat lambat, karena siang dan malamnya amat panjang, belahan yang satu merah membara, sedang belahan lainnya membeku. Lingkungan semacam itu akan mematikan segenap makhluk hidup.

Demikian perjalanan singkat ini telah memperlihatkan pada kita, 8 dari 9 planet dalam tata surya kita, termasuk seluruh 53 bulannya tidak mampu menyokong kehidupan. Masing-masing ialah planet mati, bola gas & bola batu yang membisu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar